Cara Mudah Mengatasi (Membayar) Hutang Luar Negri

Dalam tulisan sebelumnya yang berjudul 3500 T Hutang Negeriku Hutang Anak Bangsa ada respon dari pembaca yang menyebutkan mudah untuk mengatasi hutang tersebut. boleh juga tuch idenya. Memang kenaikan hutang Indonesia cukup drastis dimana Hutang Indonesia Meningkat 1.124 Trilyun dalam 11 Bulan. Dan kenaikan hutangini bukan karena kita dapat uang segar sebagai justeru sebagian besar karena melemahnya nilai mata uang rupiah kita. 
Cara Mudah Mengatasi (Membayar) Hutang Luar Negri. Cara Indonesia bangkit

Beban Hutang yang semakin mencekik leher bangsa Indonesia. Hal ini tentu dapat menghapus paradigma kita bahwa Hutang efektif untuk meningkatkan pembangunan. Dimana justeru pendapatan negara hasil pembangunan justeru untuk membayar bunga pinjaman plus kurs mata uang yang semakin melemah. Disamping hal itu paradigma Hutang Luar Negeri efektif untuk memacu pembangunan, pendapatan nasional, kesejahteraan nasional juga tidak tepat bila dilihat dari penggunaan Hutang tersebut. Demikian juga penyalahgunaan (potensi korupsi baru) pengelolaan hutang baik mulai dari peminjaman hingga penggunaan pinjaman justeru membuat hutang menjadi tidak efektif dalam membangkitkan Indonesia. Mudah-mudahan dalam tulisan selanjutnya ini dapat dipaparkan cara indonesia bangkit. 

Dalam kesempatan ini Cara Indonesia bangkit coba memaparkan masukan yang bagus dari pembaca yaitu Sdr. Hatta Alqodri dan Archita twins dalam tulisan 3500 T Hutang Negeriku Hutang Anak Bangsa terkait dengan cara mengatasi hutang tersebut. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas pandangan kedua saudara tersebut. Dengan ulasan sederhana , kami akan mengulas masing-masing item masukan tersebut melalui tulisan selanjutnya. Adapun masukan Cara Mudah Mengatasi (Membayar) Hutang Luar Negeri tersebut adalah sebagai berikut : 

  1. Yakin Allah akan membantu 
  2. Membuat great wall economies 
  3. Kelola emas hitam dengan sebaik mungkin 
  4. Kurangi dominasi negara lain mengelola Sumber Daya Alam 
  5. Bersihkan tindak korupsi 
  6. Bikin emas sendiri jangan Cuma andalkan hasil tambang. 
Dari enam masukan ini, nomor satu sudah jelas sebagai negara yang berasas Ketuhanan Yang Maha Esa wajib mengimaninya. Walaupun negeri ini sendiri bimbang ada dalam posisi mana antara sekuler dan agama, padahal sudah jelas Pancasila dan negara ini berada ditengah negara agama dan sekuler. 

Sedangkan masukan nomor enam, masih membayangkan dulu sambil garuk kepala.Asal jangan sampai pusing aja ya.. hehe jadi.. senyum-senyum aja.. bener juga masukannya.. Cuma gak tahu nyambung apa gak.. dengan yang memberi masukan. Memang SDM juga perlu di samping SDA.  Ok, Insya Allah akan juga dipaparkan setelah membahas masukan nomor dua hingga lima. Kelamaan ya.. maklum disini onlinenya agak terbatas. Tetap berusaha memanfaatkan yang ada. Terima kasih atas masukannya semoga sukses selalu.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Indonesia BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah. contact : Sosmed Indonesia afdoli
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :