Teknis Lelang Jabatan Camat Lurah DKI


teknis lelang indonesia bangkit
Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta Chaidir menjelaskan, ada enam tahap seleksi yang harus dilalui oleh semua PNS yang mengikuti lelang jabatan di level lurah dan camat. Keenam tahap itu adalah seleksi administrasi, seleksi kesehatan, seleksi pengetahuan, paper SWOT diri visi-misi, tes psikologi LGD wawancara, dan wawancara final. Tim penilai dari Polda Metro Jaya, kata Chaidir, akan menjadi tim penilai di tahap empat sampai tahap akhir. "Ya, kami juga kerja sama dengan pihak kepolisian, karena butuh tes psikologi," kata Chaidir di Balaikota Jakarta, Kamis (28/3/2013). 

KOMPAS.com. Namun begitu, keputusan seseorang dapat menjadi lurah dan camat tidak hanya dinilai dari enam tahap tersebut. Ada dua hal lain yang akan ikut serta menentukan, yaitu rekam jejak kandidat dan laporan masyarakat terhadap kinerja kandidat tersebut. "Kalau saya khawatir dengan sistem komputerisasi nanti. Kan takut-takut salah klik, bisa tidak lolos tahap seleksi administrasi," kata Camat Kalideres Ahmad Ya'la saat ditemui pada acara sosialisasi lelang jabatan camat dan lurah di kantor administrasi Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (4/4/2013). 

"Kami belum tahu jawaban akan seperti apa jika kami tidak lolos. Kami perlu penjelasan lebih jauh mengenai hal ini sebab jika ditempatkan sebagai staf, sepertinya tidak mungkin," tutur Camat Tambora, Jakarta Barat, Ismawa Adji, Rabu (3/4/2013), kepada Kompas.

Dengan seleksi itu, Jokowi ingin memiliki jajaran yang kompeten dan memiliki kemampuan manajerial, baik administratif maupun lapangan. Kepala BKD DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, lurah dan camat yang lama wajib mengikuti seleksi terbuka itu. Mereka langsung dinyatakan gugur jika tidak ikut seleksi. Tentang jabatan pengganti bagi camat dan lurah yang nantinya tidak lolos seleksi, Made mengatakan, hal itu memang belum disiapkan secara khusus. Seluruh proses akan berjalan sekitar dua bulan. Pada 21 Juni, segenap camat dan lurah hasil seleksi akan dilantik.

Ditemui di Cilincing, Jakarta Utara, Jokowi mengaku terus mematangkan prosedur terkait lelang jabatan. Setelah semuanya dianggap baik, maka pelaksanaannya baru akan dilakukan. “Februari kita siapkan supaya prosedurnya baik. Semua terbuka,” kata Jokowi, Sabtu (2/2/2013). Ahok.org

Jakarta, Kompas  Sementara itu, Badan Kepegawaian DKI saat ini tengah menyusun mekanisme lelang jabatan camat dan lurah. Lelang jabatan ini dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2012. Mengacu pada surat tersebut, perekrutan pejabat eselon I sampai V bisa dilakukan secara terbuka. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan lelang jabatan ini bisa berdampak positif bagi birokrasi di Ibu Kota. ”Tidak ada lagi penunjukan lurah atau camat seperti sebelumnya,” tutur Basuki. 

Rangkuman 
  1. Lelang Jabatan memiliki 10 persyaratan yang dipenuhi untuk jabatan camat dan 9 persyaratan untuk calon lurah
  2. Pendafaran lelang jabatan 8 april – 22 april 2013 melalui situs resmi www.jakarta.go.id tanpa biaya dan wakil camat dan lurah tidak dikenakan persyaratan umur.
  3. Enam tahap Lelang jabatan adalah seleksi administrasi, seleksi kesehatan, seleksi pengetahuan, paper SWOT diri visi-misi, tes psikologi LGD wawancara, dan wawancara final. Polri ikut serta dalam tes ke-4 hingga ke-6. Hal ini juga ditambah dengan rekam jejak kandidat dan laporan masyarakat terhadap kinerja kandidat.
  4. Kekhawatiran pejabat camat tentang proses seleksi administrasi karena keterbatasan dalam computer
  5. Kekhawatiran pejabat camat yang tidak lolos seleksi dalam penempatan jabatan selanjutnya
  6. Camat dan Lurah yang tidak mengikuti lelang akan diangap gugur .
  7. Penempatan jabatan selanjutnya bagi pejabat yang tidak lolos belum ditentukan
  8. Jokowi menyampaikan Rencana terus dimatangkan hingga setelah dianggap baik baru dijalankan
  9. mekanisme lelang jabatan camat dan lurah. Badan Kepegawaian DKI disusun sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2012.
  10. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan lelang jabatan ini bisa berdampak positif bagi birokrasi di Ibu Kota tidak ada lagi penunjukan lurah atau camat seperti sebelumnya 

berita-berita dari media online seputar teknis  lelang jabatan camat dan lurah di Pemprov DKI Jakarta dimana seblumnya Anda sudahj membaca informasi berita terkait dengan wacana lelang jabatan di pemda DKI dan tanggapannya  Persyaratan mengikuti lelang jabatan 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Teknis Lelang Jabatan Camat Lurah DKI"

gilang ramadani mengatakan...

Bpk.DR.SULARDI. MM beliau selaku DEPUTI BIDANG BINA PENGADAAN, KEPANGKATAN DAN PENSIUN BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk DR.SULARDI.MM Tlp; 0813-4662-6222. Siapa tau beliau mau bantu

dwi heriyanto mengatakan...

KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444

KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar 009 jawa timur , Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.